bear
Artikel / Kenapa Madu Bahaya Untuk SI Kecil Di Bawah 1 Tahun?
Kenapa Madu Bahaya Untuk SI Kecil Di Bawah 1 Tahun?
obj
cloud
cloud
cloud
Kenapa Madu Bahaya Untuk SI Kecil Di Bawah 1 Tahun?

Terkadang saat Si Kecil tidak mau makan, Moms mungkin sempat terpikir untuk memberikan madu, atau setidaknya air yang dicampur madu dengan maksud tetap memberikan asupan gizi untuk Si Kecil. Atau mungkin Moms pernah mendengar manfaat dan kebaikan madu, jadi ingin memberikannya saat menyiapkan menu MPASI 6 bulan pertamanya.

Tapi, tahukah Moms bahwa dalam madu yang diberikan mungkin mengandung spora Clostridium Botulinum? Spora Clostridium Botulinum adalah senyawa yang mungkin terbawa saat lebah mengambil makanan dari tumbuhan atau tanah. Senyawa Botulinum dalam madu sebenarnya tidak berbahaya bagi orang dewasa, karena lambungnya memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Namun bagi Si Kecil yang berusia di bawah satu tahun, senyawa botulinum ini berbahaya loh Moms! Karena organ pencernaannya yang belum matang, sehingga kadar asam dalam lambungnya yang lebih rendah belum cukup kuat menangkal efek racun dari Botulinum. Efek-efek yang dapat ditimbulkan dari keracunan senyawa Botulinum yaitu sembelit, menurunnya tingkat kesadaran Si Kecil, pusing, diare, kelumpuhan, sulit menelan, sering menangis, bahkan hingga kematian.

Jadi sebaiknya jangan memberikan madu untuk Si Kecil, setidaknya sampai ia berusia 1 tahun ke atas, atau setelah sistem pencernaannya dinilai sudah matang dan bisa melawan senyawa Botulinum. Tentunya lebih baik Moms mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter anak langganan Moms ya.

Kalau Moms ingin menambahkan rasa manis, atau memberikan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil, terutama selama mengatur dan menjalankan jadwal makan MPASI 6 bulannya, lebih baik Moms memberikan buah-buahan. Bisa buah yang dinilai lebih aman seperti apel dan stroberi, hingga buah lain yang cocok dengan Si Kecil (tidak menimbulkan alergi atau gangguan lainnya).

Untuk pemberian nutrisi yang tepat, dengan tekstur, rasa, dan tentunya tahapan usia yang tepat, Moms bisa memilih beragam produk Promina. Atau yang dikenal dan diandalkan sebagai formula MPASI EmPAT Te-PAT dari Promina! Mulai dari Bubur halus 6+, Bubur Tim 8+, hingga camilan seperti Promina Puffs dan Promina Silky Pudding yang dibuat dari buah asli.

Selamat mencoba dan semoga Si Kecil suka dengan menu MPASI nya ya, Moms!

Bagikan :
bear
obj
wave
wave
Jelajahi Lebih Lanjut
obj
obj
cloud
cloud
cloud