Tips & Artikel

Si Kecil Sulit Makan

Mama, memberikan jamu atau cekok masih menjadi solusi yang dipilih oleh banyak ibu yang anaknya sulit makan. Padahal, memberikan jamu atau cekok bukanlah cara tepat agar anak mau makan dan justru dapat membuatnya trauma saat diberi makan dan takut membuka mulutnya. Sama halnya dengan mengajak bayi berjalan-jalan keliling kompleks, dengan tujuan si Kecil mau menghabiskan makanannya.

Faktanya, aktivitas makan pada bayi merupakan suatu proses pembelajaran si Kecil yang harus selalu dilatih dan membutuhkan ketelatenan mama. Tidak semua bayi yang diberikan makanan serta merta langsung menelan makannya. Namun, hal ini sangat wajar terjadi. Hal yang dibutuhkan adalah latih si Kecil dengan mengembangkan kebiasaan makan yang baik sejak dini agar ia tidak picky eater, seperti kenalkan aneka ragam makanan sejak kecil dan biasakan makan secara teratur dengan porsi sedikit namun sering. Mama pun perlu jeli dalam memperhatikan sinyal lapar dan kenyang (feeding cues) pada bayi. Hal ini bertujuan untuk membentuk waktu makan bayi yang teratur dan sesuai dengan rasa lapar dan kenyangnya.

Selain itu, hindari hal-hal yang mengurangi konsentrasi si Kecil saat makan, seperti menonton TV, bermain dan jalan-jalan yang dapat menjadi kebiasaan. Biasakan si Kecil menikmati aktivitas makannya hingga selesai, baru lanjutkan bermain. Hal ini memudahkan bayi mengenal ritme waktu makan yang teratur.

Twitter Facebook

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Divisi Nutrition and Special Food

Alamat Perusahaan :
Sudirman Plaza - Indofood Tower,
23rd Floor. Jl. Jend. Sudirman Kav.
76-78, Jakarta 12910

0 800 1133 888

bebas pulsa