Tips & Artikel

Responsive Feeding

Mama, usia 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk mulai memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si Kecil. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizinya yang tidak lagi dapat dipenuhi oleh ASI, apa lagi ya Ma manfaat memberikan MPASI pada bayi? Pemberian makanan pada bayi ternyata bukan hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, namun juga sebagai bentuk komunikasi Mama dengan buah hati dan juga proses pembentukan kebiasaan makan yang akan bertahan hingga ia besar nanti. Nah, tahukah Mama seperti apa cara memberikan makanan yang tepat pada bayi?

Menurut WHO, proses pengenalan makan merupakan proses timbal balik antara bayi dengan orang tua. Proses ini akan membentuk suatu ikatan emosional yang sangat penting bagi perkembangan fungsi sosial-emosional anak yang sehat. Berikut adalah cara pemberian makan yang benar atau dikenal dengan responsive feeding.

• Berikan makanan secara langsung pada bayi, dan lakukan pendampingan untuk anak yang sudah bisa makan sendiri.
• Kenalilah tanda-tanda (feeding cues) saat si Kecil merasa lapar dan kenyang. Sehingga, jangan menunggu hingga ia merasa sangat lapar ya Ma dan jangan pula memaksakan anak yang sudah kenyang untuk menghabiskan makanannya.
• Berikan makanan secara perlahan dan sabar.
• Dorong anak untuk makan tanpa adanya paksaan. Saat makan harus jadi momen yang menyenangkan. Pemaksaan bisa menimbulkan trauma pada anak, dan efeknya timbul kesulitan makan pada anak.
• Memberikan berbagai makanan dengan kombinasi bahan, rasa, tekstur serta cara yang berbeda agar anak tidak bosan. Mama boleh membuat kreasi makanan si Kecil dengan aneka bahan makanan dan rasa makanan agar aktivitas makannya lebih seru.
• Kurangi hal yang dapat mengalihkan perhatian si Kecil saat makan. Sebaiknya pada waktu makan, anak tetap fokus terhadap makanannya, makan sambil menonton TV, bermain atau jalan-jalan membuat anak tidak sadar dengan aktivitas makannya.
• Waktu makan adalah periode pembelajaran, pemberian kasih sayang, termasuk berkomunikasi dengan anak.

Tujuan responsive feeding yaitu melatih anak untuk mengonsumsi makanan keluarga dan kemampuan makan sendiri (self feeding), juga melatih anak berperilaku makan yang baik, disiplin, serta menghargai makanan dan waktu makan.

Twitter Facebook

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Divisi Nutrition and Special Food

Alamat Perusahaan :
Sudirman Plaza - Indofood Tower,
23rd Floor. Jl. Jend. Sudirman Kav.
76-78, Jakarta 12910

0 800 1133 888

bebas pulsa