Moms, Ini Cara Menyiapkan MPASI Sendiri dengan Nutrisi Terukur

Seiring dengan bertambahnya usia, Si Kecil memerlukan lebih banyak gizi agar ia dapat tumbuh sehat dan optimal. IDAI merekomendasikan agar Si Kecil mengonsumsi MPASI setelah ia berusia 6 bulan, karena ASI tak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Menurut IDAI, ada 4 hal yang perlu Moms perhatikan saat memberikan MPASI, yakni tepat waktu, adekuat, aman dan higienis, serta diberikan secara responsif. Oleh karena itu, MPASI harus diberikan dengan takaran yang cukup agar bisa memenuhi kebutuhan energi, protein dan mikronutrien Si Kecil. Namun mengolah MPASI dengan nutrisi yang terukur dapat menjadi tantangan tersendiri ya, Moms.

Yuk, simak penjelasannya cara memasak MPASI sendiri agar nutrisinya dapat terukur dengan baik. 

Trik membuat MPASI yang adekuat

1. Bahan yang bervariasi

Moms bisa variasikan menu MPASI Si Kecil agar seluruh kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi. Karbohidrat (nasi, kentang, dan sebagainya), protein (daging, ayam, telur, dan ikan), sayuran, dan buah-buahan dapat diberikan sejak Si Kecil berusia 6 bulan. Mengutip IDAI, penundaan pemberian ikan dan telur hingga usia 1 tahun tidak berguna untuk mencegah alergi. Untuk mengecek reaksi alergi, Moms bisa mengenalkan bahan MPASI tertentu secara satu per satu dan berjangka.

2. Optimalkan alat makan

Upayakan untuk menggunakan mangkuk berukuran 250 ml dan sendok makan untuk menakar asupan MPASI Si Kecil. Adapun rekomendasi takaran asupan MPASI sesuai umur menurut IDAI, yakni 2-3 sdm (sendok makan) sebagai awalan, tingkatkan bertahap hingga ½ mangkuk 250 ml untuk bayi berusia 8 bulan (atau 6-9 bulan), ½ hingga ¾ mangkuk 250 ml untuk bayi berusia 9-12 bulan, dan ¾ mangkuk 250 ml untuk bayi berusia 12-23 bulan.

3. Perhatikan frekuensi

Selain takaran menggunakan mangkuk dan sendok makan, Moms juga perlu memperhatikan frekuensi makan Si Kecil. Pada bayi usia 6 bulan atau saat pertama kali makan, Moms bisa jaga frekuensi 2-3 kali makan besar sehari, 2-3 kali makan besar dengan snack 1-2 kali sehari saat ia berusia 8 bulan (6-9 bulan), serta 3-4 kali makan besar dengan snack 1-2 kali sehari saat ia berusia 9-23 bulan.

4. Kombinasikan dengan MPASI fortifikasi

Kandungan gizi dalam MPASI rumahan dapat sulit ditakar, maka Moms juga perlu mengombinasikannya dengan MPASI fortifikasi. Pasalnya, MPASI fortifikasi dibuat dengan berbagai tambahan gizi penting sesuai standar yang berlaku, sehingga mampu membantu melengkapi kebutuhan gizi, terutama zat besi, Si Kecil agar lengkap dan seimbang.

Promina Ala Homemade, seperti masak MPASI sendiri dengan gizi terukur

Agar kebutuhan gizi Si Kecil dapat terpenuhi dengan optimal, jangan ragu untuk mengombinasikan atau membuat variasi MPASI dengan MPASI fortifikasi ya, Moms. Tak perlu bingung, karena Promina Ala Homemade hadir sebagai variasi MPASI siap masak untuk bayi usia 8 bulan ke atas. Terdapat varian rasa Ayam Brokoli Labu Kuning dan Salmon Kentang Wortel yang  lezat untuk Si Kecil.

 

Promina Ala Homemade dilengkapi dengan 11 vitamin, 6 mineral, serta omega-3 dan omega-6. Promina Homemade juga tinggi  zat besi, sehingga dapat membantu menunjang pertumbuhan tulang dan otak, serta menjaga imunitasnya. Penting untuk diingat, Promina Ala Homemade dibuat dengan nutrisi yang terukur. Setiap 1 takarnya mengandung 100 kalori, 19 gram karbohidrat, 3 gram protein, dan 1,5 gram lemak.

Tanpa pengawet dan MSG, Promina Ala Homemade dibuat dari bahan alami yang dikeringkan, yakni dari beras utuh, daging, sayuran, dan susu. Cara menyiapkannya pun mudah. Moms hanya perlu memasak Promina Ala Homemade selama 10 menit.

Selain itu, Moms juga bisa mengkreasikannya dengan menambah topping sayuran atau daging untuk membantu mengenalkan variasi rasa dan tekstur kepada Si Kecil. Jadi, meskipun semudah masak MPASI rumahan sendiri, namun kebutuhan gizi Si Kecil tetap terpenuhi optimal sesuai tahapan perkembangannya.

So, tunggu apa lagi? Yuk, penuhi kebutuhan gizi Si Kecil dengan MPASI fortifikasi yang dibuat seperti masak sendiri dengan Promina Ala Homemade! Dapatkan Promina Ala Homemade di supermarket, minimarket, dan marketplace, Moms.

source : Mother&Beyond