Mari Jaga Kesehatan Si Kecil dari Covid-19

Covid-19 sejauh ini memang banyak menyerang orang dewasa. Namun, beberapa kasus infeksi virus corona pada bayi juga sudah ditemukan. Makanya, Moms harus waspada terhadap penyebarannya ya. Berikut beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

1.       Cuci Tangan

Mencuci tangan yang baik dan teratur adalah cara yang paling efektif Moms untuk mencegah Si Kecil dari kuman. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum menyentuh, menggendong, menyusui, atau memberi makan Si Kecil . Ajari juga Si Kecil untuk cuci tangan ya Moms.

2.       Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil dengan Gizi Seimbang

Moms, penting banget nih untuk memenuhi asupan nutrisi Si Kecil supaya daya tahan tubuhnya bagus. Daya tahan tubuh lemah memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena virus Moms. Berikan makanan yang memenuhi karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak, serta vitamin & mineral. Sumber karbohidrat dari beras merah dan ubi ternyata memiliki kandungan yang penting untuk daya tahan tubuh Moms. Beras merah penuh dengan mineral magnesium, ubi mengandung beta karoten dan vitamin A yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber protein dari ayam dan ikan mengandung asam amino yang penting untuk pembangunan sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh. Sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral juga penting ya Moms. Misalnya brokoli yang mengandung antioksidan, vit A, C dan E serta blueberry yang mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan berbagai penyakit. Alpukat selain mengandung vitamin E dan B6, juga tinggi akan asam lemak Omega 3 yang dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi lebih baik, yang berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, MPASI fortifikasi juga bisa dijadikan pilihan ya Moms karena selain bisa disimpan lama dan aman, MPASI fortifikasi sudah mengandung gizi yang lengkap ya sehingga penting untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil.

3.       Olahraga dan Berjemur di Pagi Hari

Olahraga penting supaya Si Kecil tetap aktif dan tetap bugar Moms. Selain olahraga, paparan sinar matahari diperlukan oleh tubuh untuk membentuk vitamin D secara alami yang juga penting untuk daya tahan tubuh.

4.       Hindari Menyentuh Mata, Hidung Dan Mulut Dengan Tangan Kotor

Virus ini dapat menempel di berbagai permukaan benda dan kemudian bisa tertempel di tangan saat tangan menyentuhnya. Tangan yang terkontaminasi dapat membawa virus ini ke mata, hidung atau mulut, yang dapat menjadi titik masuk virus ini ke tubuh sehingga menyebabkan sakit Moms.

5.       Social Distancing dan stay at home

Jaga jarak setidaknya 1 meter apalagi dengan orang yang batuk-batuk atau bersin-bersin. Kurangi mengajak Si Kecil ke tempat yang ramai ya Moms. Berada dirumah saja dan social distancing sangat penting untuk mencegah penyebaran virus. Bukan hanya menjaga diri sendiri dan Si Kecil dari infeksi virus covid-19, tetapi juga menjaga orang lain agar tidak tertular dari orang-orang yang merasa sehat, namun secara tidak sadar membawa virus dan dapat menularkan kepada orang lain. Walaupun berdiam diri dirumah, Moms tetap bisa lakukan aktivitas yang bermanfaat loh bersama Si Kecil. Ada banyak permainan yang bermanfaat serta seru dan asyik yang bisa Moms terapkan. Promina punya beberapa tips permainan untuk dilakukan bersama Si Kecil Moms. Cek disini ya (insert link artikel #Stayathome Bersama Si Kecil, Waktunya Bermain dan Belajar).

 

Sumber:

WHO (2020) Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus

Wacker, M and Holick, M, F (2013) Sunlight and Vitamin D A global perspective for health