Tips & Artikel

Gizi dan Stimulasi Untuk Pertumbuhan Gigi

Usia tumbuh gigi pada bayi dapat berbeda antara satu bayi dan bayi lainnya. Namun, tahukah mama apa saja zat gizi dan stimulasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi si Kecil?

1. ASI dan bahan makanan seperti daging, ikan dan kacang-kacangan banyak memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan struktur gigi.
2. Berikan makanan sesuai tahapan tumbuh kembangnya. Contohnya, bayi usia 6 bulan diberikan MPASI berupa bubur susu yang halus, bayi usia 8 bulan mulai diberikan makanan yang agak kasar seperti bubur saring/bubur tim, sedangkan bayi usia 12 bulan ke atas dapat diberikan makanan keluarga dengan tekstur yang disesuaikan kemampuannya.
3. Usahakan si Kecil untuk terus belajar mengunyah agar rahang dan giginya kuat.
4. Hindari anak untuk minum ASI atau susu dari botol, terutama dalam posisi tiduran. Tidur sambil minum susu dapat membuat sisa susu menempel di gigi dan mengendap, sehingga meninggalkan lubang.
5. Bersihkan rongga mulut usai makan atau menyusu untuk menjaga kebersihan rongga mulut, dan sebaiknya kontrol gigi setiap 6 bulan sekali setelah giginya muncul.

Twitter Facebook

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Divisi Nutrition and Special Food

Alamat Perusahaan :
Sudirman Plaza - Indofood Tower,
23rd Floor. Jl. Jend. Sudirman Kav.
76-78, Jakarta 12910

0 800 1133 888

bebas pulsa