5 Manfaat Cemilan untuk Si Kecil, Apa Aja Ya Moms?

Si Kecil suka dikasih cemilan ngga Moms? Snacking atau ngemil adalah aktivitas makan yang dilakukan di sela – sela waktu makan. Cemilan itu biasanya identik dengan makanan yang tidak sehat atau negative. Banyak orang berpandangan bahwa cemilan adalah makanan yang manis, berminyak, berlemak, asin dan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Namun, Moms harus tau kalau cemilan itu ternyata penting banget untuk Si Kecil. Yuk kenali 5 manfaat cemilan untuk Si Kecil:

1.       Cemilan penting untuk menambah asupan nutrisi harian Si Kecil

Sudah tau belum Moms kalau cemilan itu menyumbang sekitar 30% kebutuhan gizi harian Si Kecil. Tak heran kalau cemilan ini menjadi sarana untuk menambah energi harian dan memberikan asupan vitamin dan mineral dalam menu makanan Si Kecil. Data dari NHAES menunjukkan bahwa ada peningkatan yang sesuai loh dalam kontribusi cemilan untuk energi harian total.

2.       Lambung anak masih kecil, jadi disarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering

Si Kecil sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat Moms, hal yang wajar jika Si Kecil sering merasa lapar bahkan sebelum jadwal makan utamanya tiba. Namun, ukuran lambung Si Kecil masih terbatas untuk menampung jumlah makanan yang terlalu banyak dalam sekali makan. Oleh karena itu, pemberian cemilan kepada Si Kecil dapat menjaga si kecil dari rasa lapar yang bisa membuatnya kekurangan energi.

3.       Cemilan membantu Si Kecil melatih sensori  

Tak hanya untuk menambah energi, pemberian cemilan dengan berbagai bentuk misalnya bentuk bunga, bulat, gambar hewan ternyata melatih variable sensori Si Kecil juga loh Moms. Variable sensori lainnya yang dapat mempengaruhi proses makan Si Kecil adalah variasi rasa, aroma, tekstur dan warna makanan.

4.       Cemilan penting untuk mengasah kemampuan motor halus

Memberikan makanan termasuk cemilan pada Si Kecil memiliki pengaruh yang jauh melampaui pertumbuhan fisiknya. Kemampuan motor halus Si Kecil dan perkembangan keterampilan makan ternyata saling berhubungan Moms. Kemampuan motor halus Si Kecil sudah mulai berkembang sejak lahir dan terus berkembang seiring dengan usia, jadi Moms perlu membantu Si Kecil untuk mendapatkan stimulasi motor halusnya sesuai dengan usia.

Pada usia 5 bulan, seluruh telapak tangan Si Kecil sudah mulai dapat memegang benda - benda yang besar kemudian secara perlahan mulai dapat memegang benda yang agak kecil. Pemberian cemilan yang dapat digenggam Si Kecil seperti biskuit bayi di usia 6 bulan dapat digunakan untuk merangsang kemampuan motor halusnya. Sejak usia 6 bulan, Si Kecil sudah mulai mampu meraih dan mengambil benda kemudian memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya dengan baik. Refleks pincer graps atau menjimpit membantu Si Kecil menjimpit benda-benda yang kecil menggunakan dua jarinya. Nah di tahapan usia ini, Moms dapat memberikan cemilan yang dapat membantu Si Kecil belajar menjimpit.

5.       Cemilan Membantu Pembentukan Pola Makan yang Baik Sejak Dini

Cemilan berfungsi untuk menjaga Si Kecil tidak terlalu lapar di antara waktu makan, sehingga Si Kecil tidak makan berlebihan pada waktu makan utama. Hal ini penting untuk mengukur porsi makan Si Kecil dan mencegah Si Kecil dari makan berlebihan. Si Kecil yang sudah menerima makanan utama dan cemilan secara terjadwal sejak dini penting loh untuk membiasakan pola makan yang baik sejak dini.

 

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat cemilan diatas, Moms sudah tidak ragu lagi kan memberikan cemilan untuk Si Kecil. Namun, Moms tetap harus memperhatikan jenis cemilan yang diberikan ya. Berikanlah cemilan yang memang sehat dan bernutrisi. Selain itu, pastikan cemilan yang disajikan sudah diolah secara bersih dan aman sehingga Si Kecil mendapatkan manfaat cemilan secara optimal. Cemilan juga harus diberikan dengan terjadwal ya Moms. Pemberian cemilan sepanjang hari tanpa jadwal juga dapat berdampak buruk pada perilaku makan serta kemampuan mengatur rasa lapar dan kenyang Si Kecil.

 

Referensi

First Step Nutrition Trust (2018) Eating Well: Snack for 1-4 Year Olds

IDAI (2015) Kemampuan Motor Bayi Terkait Dengan Keterampilan Kemampuan Makan

Kachurak, A., et al (2018) Daily Snacking Occasions and Weight Status Among US Children Aged 1 to 5 Years